GENOM (GEN Corps Nursing Competition) 2023

Hilangnya gaya hidup sehat (healthy lifestyle) pada masyarakat akan menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit. Hal ini terjadi akibat tidak membiasakan hidup sehat, ada berbagai macam dampak pada kesehatan tubuh seperti sindrom metabolik yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Sindrom metabolik mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan kadar kolesterol yang tidak normal. Hal tersebut tentunya harus dicegah sejak dini karena apabila tidak dilakukan pencegahan akan menyebabkan penyakit-penyakit tersebut dengan mudah menjangkit tubuh manusia.

GENOM (GEN Corps Nursing Competition) merupakan kegiatan perlombaan yang menjadi program kerja Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa/i keperawatan Indonesia di bidang penyakit CKD (Chronic Kidney Disease) dan diabetes dalam meningkatkan ilmu keperawatan dan skill sebagai calon perawat profesional. Perlombaan ini terdiri dari 2 cabang yaitu olimpiade dan poster. Sasaran utama kegiatan perlombaan ini adalah mahasiswa S1 dan/atau D3/D4 keperawatan dari Universitas atau Sekolah Tinggi Keperawatan seluruh Indonesia. Kegiatan olimpiade dilaksanakan melalui 3 babak yakni babak penyisihan dan semifinal secara online serta babak final secara offline. Sedangkan kompetisi poster dilaksanakan melalui 2 babak, yakni babak penyisihan secara online dan babak final secara offline. 

Babak Final cabang lomba Olimpiade dan juga poster sudah dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juli 2023 secara offline dan dihadiri oleh 3 tim cabang lomba olimpiade dan 3 tim cabang lomba poster dari hasil seleksi untuk memperebutkan gelar juara pada masing masing cabang perlombaan dari total pendaftar cabang lomba olimpiade 29 tim dan poster 14 tim.

Pada tahun ini GENOM 2023 mengusung tema “Produktif dan Kreatif Cegah CKD (Chronic Kidney Disease) dan Diabetes dengan Healthy Lifestyle”. 

Syahrul bagus, selaku ketua pelaksana menjelaskan alasan mengambil tema tersebut Karena CKD dan diabetes militus ini menjadi salah satu penyakit yang marak disekitar kita. Dengan diambilnya tema produktif dan kreatif maka diharapkan nanti ya akan ada inovasi dan juga solusi baru untuk mengatasi permasalahan penyakit ini. 



“GENOM atau GEN Corps Nursing Competition ini merupakan agenda tahunan yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi mahasiswa dalam perubahan di masyarakat dan semoga GENOM tahun depan dapat menjadi lebih baik dan lebih meriah lagi. Kekurangan yang ada nantinya bisa menjadikan lebih baik dan sekaligus menjadi branding FKp UNAIR kedepannya untuk menunjukkan keberadaannya”. Ujar nya.


Penulis      : Aliffia Syabira Murti A
Editor        : Aprilia Eka Riyani


Comments