Tradisi dan Acara Unik di Indonesia yang diselenggarakan untuk Memperingati HUT RI

Tradisi dan Acara Unik di  Indonesia yang diselenggarakan untuk Memperingati HUT RI


Tepat hari ini pada tanggal 17 Agustus 2019 Indonesia memperingati hari proklamasi yang ke-74. Ada banyak kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya untuk memperingati hari proklamasi ini, diawali dengan upacara bendera yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan berbagai lomba-lomba. Selain lomba-lomba, tahukah kalian ternyata juga ada acara-acara dan tradisi unik masyarakat yang juga diperingati setiap tanggal 17 agustus? Berikut informasinya

1. Tirakatan
Acara tirakatan diperingati oleh masyarakat Jawa setiap tanggal 16 Agustus, sehari sebelum hari proklamasi. Acara ini dilakukan dilakukan sebagai tanda ucapan syukur atas kemerdekaan Indonesia. Tirakatan biasa dilakukan setiap RT, biasanya warga-warga akan berkumpul, berdo’a bersama dan menonton pertunjukkan atau hiburan yang dipersiapkan.

2. Lomba Sampan Layar di Batam
Batam juga memiliki kegiatan khusus untuk merayakan 17 Agustus, yaitu Lomba Sampan Layar. Lomba ini diadakan sejak 1959 hingga sekarang, lomba ini berskala regional, sehingga berpeluang menjadi daya tarik wisata.

3. Lomba Lari Obor Estafet di Semarang
Lomba lari Obor Estafet hanya diikuti oleh orang dewasa. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 32 tahun lalu dan memiliki filosofi mendasari kegiatan tersebut, yaitu obor yang dianggap sebagai semangat para pahlawan ketika memperjuangkan kemerdekaan.

4. Pawai Jampana di Bandung
Pawai dengan membawa sebuah tandu besar berisi hasil-hasil bumi dan hidangan yang diangkut oleh empat orang. Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan masyarakat Sunda untuk memperingati kemerdekaan RI. Masyarakat Yogyakarta, yang masih kental dengan keraton menggelar upacara bendera dengan kostum prajurit keraton. Peserta upacara berbusana layaknya prajurit pria dan wanita keraton, dilanjutkan kirab berkeliling kampung.

5. Lomba Pacu Kude di Aceh
Lomba ini diikuti oleh  pemuda berusia 12 hingga 20 tahun yang memacu kuda tanpa pelana dengan disaksikan oleh banyak warga Aceh.

6. Budaya Peresean di Lombok, Nusa Tenggara Barat
Lombok, Nusa Tenggata Barat memiliki budaya dimana akan diadakan pertemuan 2 laki-laki untuk bertarung dengan sebilah rotan dan perisai tradisional. Dilansir Antara News, Parasean pada awalnya dipertontonkan kepada turis untuk program Visit Lombok 2012, namun tahun-tahun berikutnya diadakan lagi untuk memperingati kemerdekaan RI.

7. Tradisi Barikan di Malang
Yaitu kegiatan makan bersama sembari duduk lesehan menghadap tumpeng nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya. Barikan dilakukan setelah acara sambutan, dari para pemimpin daerah dan penyampaian pesan-pesan moral nasionalis kepada masyarakat.

8. Festival Telok Abang
"Telok" berarti "telur" dan "abang" berarti "warna merah". Warga merebus telur ayam atau telur bebek dengan pewarna makanan merah yang kemudian ditancapkan di atas perahu, mobil, atau pesawat hias warna-warni yang menarik perhatian anak-anak.

9. Lomba Dayung di Banjarmasin

10. Lomba Pacu Kapal di Riau

Acara-acara tersebut dilakukan sebagai tanda ucapan syukur atas kemerdekaan Indonesia. Beberapa contoh tradisi dan acara diatas hanyalah sebagian dari tradisi dan acara yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Masih ada banyak tradisi atau acara-acara unik lainnya di Indonesia. Apa saja tradisi unik lainnya menurut versimu??




Cr: https://tirto.id//tradisi-unik-memperingati-hut-ri-17-agustus-di-sejumlah-daerah-egef 
https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/melaniayus/barikan-memperingati-hari-kemerdekaan-17-agustus_58df89bd187b614846145deb 



Comments