Kode Etik Petualang Buat Para Pecinta Alam

Halo petualang!
Pasti tak asing deh dengan apa yang ada di alam. Nah, oleh karena itu ada beberapa kode etik yang sudah terkenal banget ketika kita menjejakkan kaki kita di alam. Yuk kita mereview  kode etik bagi kita semua yang peduli terhadap alam. Kode etik petualang ada 3 yaitu :
  1. Take nothing but picture (Jangan mengambil apapun kecuali gambar).
  2. Leave nothing but foot print (jangan meninggalkan apapun kecuali tapak kaki atau jejak).
  3. Kill nothing but time (Jangan membunuh apapun kecuali waktu).
Petualangan berupa kegiatan yang dilakukan dialam bebas. Petualangan ini dapat berupa climbing (pendakian gunung), hiking (jelajah dengan jalan kaki) , cycling (bersepeda), diving (menyelam), rafting (arum jeram),  bisa juga camping ( berkemah ).

Para petualang pencinta alam bebas ketika melakukan petualangannya di alam bebas hendaknya mereka selalu berpegang teguh pada beberapa kode etik ini yaitu :
1.      Take nothing but picture (Jangan mengambil apapun kecuali gambar).
Alam memang banyak memiliki berbagai keindahan. Mulai dari flora,fauna,satwa,begitupun bebatuan yang memikat hati untuk dijadikan oleh-oleh. Namun perbuatan seperti menangkap hewan, mengambil tumbuhan, hanyalah merusak alam kita. Ada baiknya jika ingin memiliki oleh-oleh petualangan cukup dengan melihat,ataupun memotretnya.

2.      Leave nothing but foot print (Jangan meninggalkan apapun kecuali tapak kaki atau jejak).
Pada saat berpetualang kita harus mengingat setelah melakukan kegiatan dialam jangan sampai kita meninggalkan bekas coretan dibatu,pohon, maupun memninggalkan sampah satupun. Karna hal ini hanya dapat merusak kelestarian dan keindahan alam.

3.      Kill nothing but time (Jangan membunuh apapun kecuali waktu).
Kita berpetualang dialam bukan untuk merusak alam kan . Jangan sampai kita membunuh hewan,tumbuhan , bahkan termasuk diri kita sendiri. Cukup waktu saja yang terbunuh selama petualangan.

Ingatlah para petualangku jika kita melakukan petualangan jangan lupakan kode etik petualangan. Percayalah apabila ini dilakukan maka alam beserta lingkungannnya pun akan tetap terjaga kelestariannya . sehingga para petualang bebas mengulangi petualangannya kapanpun.

Comments

Post a Comment