Uniknya Perayaan Tahun Baru Hindu ‘Nyepi’


Perayaan hari Nyepi pasti tak asing lagi bagi kita terutama masyarakat Bali. Tahun Baru Nyepi di rayakan dengan cara yang berbeda dari perayaan tahun baru lainnya. Nyepi berasal dari kata sepi yang artinya sunyi, senyap, lenggang, tidak ada kegiatan. Sepi disini artinya aktivitas masyarakat tidak seperti biasa, semua kegiatan ditiadakan kecuali kegiatan di Rumah Sakit. Bisa dibayangkan bagaimana sepi dan sunyinya saat perayaan Nyepi tiba.

Dalam perayaan-perayaan kegiatan besar, pasti mempunyai ciri khas yang tentunya sangat unik untuk dipelajari lebih lanjut, ternyata ada hal yang harus kita ketahui tentang perayaan Nyepi.

Menghemat listrik
Kita ketahui bahwa ketika perayaan hari Nyepi (Hari ke-3 perayaan 6 hari), semua aktivitas ditiadakan, kecuali aktivitas didalam rumah, akan tetapi penduduk harus meminimalkan suara yang ada dalam rumah. Pada hari ke-3 tersebut, semua lampu serta lilin tidak boleh ada yang menyala. Ketika senja datang, para penduduk harus merurunkan tirainya dengan sekecil mungkin menggunakan cahaya dimana orang tersebut memerlukannya.
Hal tersebut membuat Bali mengalami penurunan penggunaan listrik secara signifikan. Menurut Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Bali, I Gusti Ketut Putra penggunaan listrik mengalami penurunan sebesar 40 persen. Hal tersebut dikarenakan penduduk tidak ada aktivitas apapun serta tidak ada kegiatan industri ataupun aktivitas di perkantoran.

Polusi udara berkurang
Dalam perayaan Nyepi, tidak ada orang yang berjalan ataupun menggunakan kendaraan seperti motor ataupun mobil, bahkan bandara juga ditutup. Hal tersebut dapat menurunkan polusi udara serta kondisi udara di Bali yang semakin bersih.
Menurut Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, perayaan Nyepi menyumbangkan peningkatan udara bersih sebesar 80%. Hal tersebut membuktikan bahwa yang dilakukan manusia dapat memberikan sumbangsih terhadap kondisi alam yang lebih baik dimasa mendatang.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Hari Raya Nyepi diperingati sebagai hari libur nasional. Penduduk di Bali merasakan ketenangan ketika perayaan Nyepi tiba. Para penduduk juga merasakan libur seharian tanpa bekerja. Selain itu, kondisi yang tenang tanpa kebisingan apapun menambah kenyamanan saat perayaan hari Nyepi.

Ritual Nyepi
Tahun Baru Hindu Bali dirayakan selama 6 hari dengan Nyepi, hari Pertama ialah Melasti (Melisa tau Mekiis), hari kedua ialah ritual Bhuta Yajna, hari ketiga ialah Ritual Nyepi, hari keempat ialah ritual Yoga/Brata, hari kelima, ialah ritual Ngembak Agni/Labuh Bratah, dan  hari keenam ialah ritual Dharma Shant. Hal tersebut sangat unik karena perayaan tahun baru biasanya hanya satu hari sedangkan perayaan Nyepi sampai 6 hari dengan ritual-ritual tertentu.

 Manusia itu unik, setiap orang punya ciri khas serta kepribadian masing-masing. Sebagai manusia yang dianugerahi akal oleh Yang Maha Esa, saling tolong menolong serta toleransi antar umat beragama adalah salah satu kewajiban kita semua. Kami dari Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengucapkan selamat merayakan Tahun Baru Nyepi bagi yang merayakan. Semoga yang Maha Kuasa memberikan apa yang terbaik bagi kita semua.

Comments