GenCorps Peduli: Terjun Langsung ke Masyarakat Desa Klenang dan Ponpes Bahrul Huda Probolinggo


                GenCorps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga kembali terjun ke lingkungan masyarakat yang berkolaborasi dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku serta Djarum Foundation. Bakti Sosial kali ini diadakan di Pondok Pesantren Bahrul Huda Desa Klenang Banyu Anyar Probolinggo yang bertepatan pada Sabtu (23/03/2019). Dari GenCorps, Bakti Sosial kali ini di diwakili oleh Mutiara Citra Dewi (GEN 9) dan Umi Ida Maulidah (GEN 11).
                 Acara berjalan dengan lancar, terlihat dari antusias  masyarakat sekitar serta para santri pondok pesantren Bahrul Huda yang datang untuk cek kesehatan dan pengobatan. Untuk bisa mengikuti pemeriksaan dan pengobatan gratis, masyaraat sebelumnya sudah diberikan kartu yang nanti akan digunakan sebagai tiket untuk cek kesehatan. Sebelum memasuki ruangan, warga dan santri dipersilahkan menukarkan kartu dan akan dipanggil secara urut berdasarkan nomor antrian yang tertera di kartu untuk menuju pos tensi.  Di  Pos tensi, terdapat dua Mahasiswi Keperawatan dari GenCorps dan dua Mahasiswa Keperawatan Universitas Hangtuah. Kedua belah pihak dari dua universitas yang berbeda berkolaborasi untuk mensukseskan acara bakti sosial ini.
                 Setelah menjalani pemeriksaan tensi, warga di persilahkan untuk menuju ke pos selanjutnya, disana sudah ada  Dokter yang akan melayani warga untuk berkonsultasi mengenai apa yang dikeluhkan, jika hasil pemeriksaan menunjukkan gejala seperti asam urat, kolesterol, ataupun gula darah yang tinggi, maka dokter akan menyarakankan warga tersebut untuk melakukan tes GDA. Setelah selesai, warga bisa mengambil  obat yang telah diresepkan oleh dokter di bagian pos obat. Beberapa anggota yang berpartisipasi yaitu Dokter, Dokter gigi, Mahasiswi Keperawatan UNAIR yang diwakili oleh dua anggota GenCorps, dua Mahasiswa keperawatan dari Hangtuah, Farmasi, Anggota YBSI (Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku), Djarum Foundation, serta pengurus dan santri Pondok Pesantren Bahrul Huda.
                 Hal ini merupakan pengalaman tak terlupakan ketika mendapat sebuah kesempatan untuk bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sebagai tim kesehatan. Demikian yang disampaikan oleh Umi dari GEN 11 sebagai salah satu perwakilan dari GenCorps yang berangkat bakti sosial di Probolinggo.
                 “Sangat berkesan sekali, walaupun telinga sakit karena pakai stetoskop, tetapi bakti sosialnya seru. Bisa nambah relasi serta pengalaman baru  apalagi kondisi psikologis dan fisiologis sertiap manusia itu berbeda. Jadi, pengalaman ini bisa sebagai bekal saya untuk dunia perkuliahan ataupun dunia kerja nantinya”. Singkat Umi dari GEN 11 setelah selesai melaksanakan bakti sosial.
                 Diharapkan bakti sosial kali ini bukan hanya bermanfaat bagi santri Ponpes Bahrul Huda dan Warga Desa Klenang Banyu Anyar Probolinggo saja, akan tetapi dari tim kesehatan yang juga dapat menambah ilmu pengetahuan dengan diadakannya bakti sosial yang langsung terjun dengan masyarakat.
                 Seperti yang dialami oleh Mutiara Citra Dewi dari GEN 9, pengalaman baru juga didapatkan ketika melaksanakan bakti sosial. “Menambah ilmu banget, yang sebelumnya Cuma bagian tensi dan obat, kemarin dapat ilmu menjadi perawat gigi”. Ungkap Mutiara setelah selesai melaksanakan bakti sosial bersama YBSI.
                

Comments