Tips Sehat selama Hari Raya Idul Fitri

Tips Sehat selama Hari Raya Idul Fitri




Sebulan sudah umat muslim menjalani Bulan Ramadhan, tiba hari yang di nanti-nantikan yaitu Hari Kemenangan,yang biasa disebut dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Berbagai persiapan di lakukan untuk menyambut hari lebaran, salah satunya dengan menyiapkan  makanan spesial yang akan dihidangkan untuk para tamu dan kerabat. Di hari Lebaran biasanya banyak sekali dijumpai berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari kue-kue kering, sampai makanan berat yang menggoda selera tentunya. Namun banyak nya jenis makanan dan minuman yang dihidangkan selama hari raya terkadang membuat kita lupa memperhatikan pola makan yang biasa kita terapkan sehari-hari. Jangan sampai di momen penting berkumpul dengan  keluarga besar seperti ini tiba-tiba kesehatan terganggu hanya karena salah makan atau dsb. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas seputar Tips bagaimana menjaga pola hidup tetap sehat di hari raya.

1. Perbanyak makan buah dan sayuran
Konsumsi buah dan sayur penting untuk mengimbangi asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh dari jenis makanan tertentu yang kita makan selama hari raya. Lemak jahat terutama kolesterol akan terserap ke dalam tubuh dan dapat tertimbun dalam lapisan dalam pembuluh darah. 

2. Kurangi makanan manis 
Hari raya lebaran biasanya identik dengan kue kering. Meskipun terdengar mustahil tapi usahakan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena kalori yang terdapat di kue tersebut dapat meningkatkan resiko gangguan metabolisme gula.

3. Batasi konsumi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi 
Meskipun lemak dibutuhkan oleh tubuh, namun konsumsi lemak tidak boleh berlebihan dan harus dibatasi. Kita perlu membatasi jumlah kolesterol yang masuk ke tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Jika terlalu banyak hal ini tentu akan menimbulkan masalah bagi tubuh, seperti  peningkatan kadar kolesterol, atau penyumbatan lemak di pembuluh darah atau bisa jadi masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

4. Konsumsi air putih 8 gelas perhari
Selain makanan kita juga perlu mengontrol jenis minuman yang kita minum selama hari raya. Kita mungkin juga dihadapkan berbagai jenis minuman yang tidak kalah menggoda. Lagi-lagi kita perlu membatasi minuman yang sekiranya bisa bedampak pada kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jika memungkinkan hindari minuman manis yang mengandung pemanis buatan seperti softdrink atau sirup. Sebaliknya,  perbanyak konsumi air putih atau imbangi dengan konsumsi air putih 8 gelas perhari.

5. Berhenti makan sebelum kenyang
Artinya tetap boleh makan, tetapi jangan berlebihan. Saat bersilaturahmi, kita bisa mengunjungi banyak orang dalam satuhari, dan tentu saja setiap tuan rumah akan mempersilahkan tamunya untuk makan dan mencicipi hidangan. Tapi perlu diingat untuk tetap menjaga jadwal makan, misalnya jika berkunjung saat siang atau sore hari di jam tanggung, ambil snack saja untuk menghormati tuan rumah. Sebaliknya, jika anda sebagai tuan rumah, sediakan snack atau makanan ringan kecil (bite size) agar tamu bisa tetap menikmati kudapan dalam ukuran kecil, dan ingat untuk tidak memaksa tamu makan hidangan utama, karena bisa jadi tamu memang sudah sangat kenyang. Cara lain untuk menyiasati hal ini adalah dengan makan dalam jumlah sedikit di setiap kunjungan.

6. Olahraga ringan dan istirahat
Karena konsumi lemak dan gula meningkat selama Lebaran, sangat dianjurkan untuk meningkatkan olahraga atau latihan fisik sebagai penyimbang. Meski sedang Lebaran, jangan tinggalkan olahraga ya, ajak keluarga untuk berjalan kaki saat bersilaturahmi ke rumah tetangga. Sempatkan diri untuk melakukan olahraga ringan di rumah seperti lari berkeliling komplek, sit up dan push up misalnya. Jika berencana untuk mudik jangan lupa membawa sepatu olahraga, berbagainolahraga ringan bisa kita lakukan bersama keluarga seperti lari, bersepeda, berenang, dan lain-lain. 
Selain olahraga waktu istirahat juga perlu diperhatikan, pastikan tubuh juga mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit dan  rutinitas selama hari raya tidak terganggu.

Diatas adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat selama hari raya Lebaran yang bisa diterapkan, Semoga sedikit tips diatas bisa membantu anda untuk tetap sehat selama Lebaran. Semoga beramanfaat :)
Esok adalah harapan, Sekarang adalah kenyataan, Kemarin adalah kenangan, yang tak luput dari khilaf dan kesalahan. Satukan tangan satukan hati, Kita padukan keikhlasan untuk saling memaafkan. Ketika tangan tak mampu berjabat, kaki tak dapat melangkah Hanya hati yang mampu berbisik Minal Aidin Wal Fa'idzin :)
 Kami keluarga besar Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir batin.


credit: https://www.halodoc.com/blog/4-tips-mempertahankan-pola-makan-sehat-saat-lebaran

Comments