Tersesat Saat Mendaki?

Tersesat Saat Mendaki?

Mendaki gunung adalah kegiatan yang saat ini digemari para anak muda, baik yang notabene kalangan pecinta alam maupun hanya sekedar mengikuti trending. Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan mendaki gunung ini sering sekali disepelekan oleh pelakunya. Lalu apa yang kira-kira terjadi jika kita lalai?  tentunya tidak menutup kemungkinan jika hal-hal buruk akan terjadi. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah tersesat. Di artikel kali ini akan dibahas apa yang harus dilakukan jika tersesat saat mendaki.

1. Jangan Panik, Tetap dalam fikiran yang positif
Ketika kita sadar bahwa jkita tersesat dan keluar dari jalur pendakian hal yang harus dilakukan adalah tetap dalam Fikiran yang postitif. Karena tidak menutup kemungkinan memang ketika sedang tersesat fikiran menjadi kacau dan panik. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah duduk rileks, buang jauh-jauh hal negatif, dan tetap dalam kondisi stabil.

2. Hindari perjalanan malam hari
Hal ini uga takkalah penting, ketika tersesat di saat waktu malam tiba, jangan dipaksakan untk melanjutkan perjalanan. Cari tempat yang datar untuk mendirikan tenda, dan istirahat yang cukup untuk mengumpulkam energi esok hari.

3. Jangan Lupa Membawa Alat Nvigasi
Membawa alat navigasi seperti kompas dan peta adalah penting, karena ketika kita tersesat kompas bisa menujukkan arah kemana akan berjalan

4. Kembali ke titik awal, atau manuju ke arah puncak
Dua pilihan yang harus dilakukan ketika tersesat adalah kembali ke titik awal, dengan catatan harus dalam kondisi fikiran yang fresh dan positive tinking. Atau pilihan lainnya adalah berjalan menuju arah puncak. Namun perlu diperhatikan lagi, bahwa cara ini bergantung pada sejauh mana posisi kita.

5. Membuat tanda jejak
Membuat tanda jejak bisa dilakukan dengan menyusun batu dengan arah tersesat kita atau memasang tali untuk tanda.

6. Makan dedaunan muda, jangan memakan sembarangan buah-buahan
Pada fase ini, jika logistik sudah habis ketika dalam keadaan tersesat, memakan daun-daunan muda yang hijau dapat membantu untuk bertahan hidup.  Sebab daun-daunan muda mudah dicerna, dengan kata lain harus memahami dulu jenis-jenis  tumbuhan yang dapat dimakan. Jika mendapati buah-buahan yang belum pernah dijumpai sebelumnya jangan dimakan terlebih dahulu.

Mungkin beberapa tips diatas bisa membantu. Jangan lupa untuk selalu  mempersiapkan diri lebih lebh matang sebelum mendaki dan sellau waspada pada saat mendaki. Jadilah pendaki yang bijak dengan tidak menyepelekan alam dan diri sendiri.
Semoga bermanfaat ^^



Dikutip dari https://www.hipwee.com/narasi/hal-yang-harus-kamu-lakukan-jika-tersesat-saat-mendaki-gunung/?ref=artikel_rekomendasi 

Comments