Penanaman Pohon di Puncak Bayangan Gunung Penanggungan dalam rangka Hari Bumi 2018

Penanaman Pohon di Puncak Bayangan Gunung Penanggungan dalam rangka Hari Bumi 2018





UNAIR NEWS – Masih dalam memperingati Hari Bumi, kali ini GEN Corps menunjukkan aksinya sebagai organisasi mahasiswa yang salah satunya bidangnya bergerak pada pengkaji lingkungan untuk menanam pohon di puncak bayangan Gunung Penanggungan. Aksi ini dilakukan pada hari Minggu (22/4) dengan mengajak perwakilan setiap ormawa yang ada di FKp UNAIR dan organisasi pecinta alam yang ada di Surabaya.
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan konservasi itu sebanyak 27 orang. Pemberangkatan peserta menuju Penanggungan dibagi menjadi 2 kloter. Kloter pertama berangkat dari Fakultas Keperawatan pada hari Sabtu (21/4), pukul 09.30 WIB dan sampai di Penanggungan pada pukul 13.00 WIB.
Sedangkan kloter kedua berangkat pada pukul 13.00 WIB dan sampai di Penanggungan pada pukul 17.00 WIB. Untuk mencapai puncak bayangan, pendakian dilakukan dengan melawati 4 pos. Pos petama dan kedua terdapat warung makan sedangkan pos ketiga dan keempat sebagai tempat beristirahat.
Aksi menanam pohon dilakukan hari Minggu (22/4), pada pukul 09.00 WIB. Jumlah pohon yang siap ditanam sebanyak 22 buah dan dibawa gotong royong oleh seluruh peserta mulai dari pos 1 menuju puncak bayangan Gunung Penanggungan.
Area sekitar puncak bayangan yang gersang menjadi pilihan GEN Corps untuk melakukan aksinya menanam pohon. Tak lepas dari pantauan, penanaman pohon itu dibimbing oleh Catur selaku Pakar Konservasi Hutan Gunung Penanggungan.
“Harapan kami dengan melakukan aksi penanaman di area puncak bayangan ini dapat memperbaiki kondisi Gunung Penanggungan yang memprihatinkan. Semoga dengan adanya pohon ini dapat membuat area sekitar puncak bayangan terlihat lebih rindang dan persediaan air juga mengalir dengan lancar”, papar Fachri salah satu anggota GEN Corps.
Fachri juga menambahkan bahwa pilihan pohon yang ditanam adalah pohon buah. Tujuannya agar fauna yang ada di pos bayangan dapat menyebarkan  biji buah, sehingga biji buah tersebut akan tumbuh dan menyebar di daerah sekitarnya.
Mahasiswa yang peduli dengan lingkungan, tambahnya, akan menunjukkan aksi nyatanya untuk berkontribusi membuat suatu perubahan. Perubahan itu bisa dilakukan dengan memperbaiki lingkungan sekitar.
“Sama halnya dengan bumi, setiap pijakan kaki di bumi bukan tanpa alasan untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Mari sama-sama kita jaga bumi kita agar setiap pijakan langkah yang kita ambil dapat dengan mudah mencapai tujuan,” pungkasnya.


Di posting ulang dari http://news.unair.ac.id/2018/04/26/aksi-gen-corps-fkp-unair-tanam-pohon-di-puncak-bayangan-gunung-penanggungan/ 

Comments