Belajar Tentang Arti Sebuah Kehidupan dari Gunung dan Alam

Inilah alasan mengapa Gunung dan Alam mengajarkan arti Sebuah Kehidupan



Ini Alasan Mengapa Gunung dan Alam Mengajarkan Arti Sebuah Kehidupan
Seseorang yang melakukan pendakian gunung memiliki tujuan untuk bisa sampai puncak gunung. Selain mengajarkan untuk tetap fokus, kita juga diajarkan untuk memahami hal lain seperti:
(1) Puncak adalah cita-cita,
(2) Bukan tentang siapa yang menunggumu di puncak,
(3) Bukan tentang seberapa banyak gunung yang didaki,
(4) Gunung mengajari tentang mengalahkan rasa takut,
(5) Cintailah alam ini dan kembali pulang dengan selamat.


Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang dimiliki setiap individu. Kesan buruk yang beranggapan jika pendaki gunung adalah orang yang tidak punya tujuan dan hidupnya berantakan adalah salah. Sebenarnya para pendaki gunung juga memiliki tujuan sama seperti orang lain pada umumnya jika melakukan suatu pekerjaan. Tujuan jelas mereka adalah bagaimana bisa mencapai puncak gunung. Tentu saja, untuk bisa mencapai puncak gunung dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi agar bisa sampai sesuai target yang telah ditentukan.
.
Berikut alasan mengapa gunung dan alam mengajarkan kita arti sebuah kehidupan:
1. Puncak adalah cita-cita
Dalam mendaki gunung, puncak bukanlah tujuan akhir karena setelah mencapai puncak seorang pendaki harus kembali menuruni lereng gunung dan tentunya jalan yang ditapaki semakin sulit. Puncak yang tinggi dari pendakian adalah bagaiamana orang tersebut mampu untuk menaklukan ego, kemanjaan, dan sifat individualisme. Jika seseorang mampu menaklukan ego pribadi yang dimiliki maka pendaki tersebut mampu berdamai dan bersahabat dengan dirinya sendiri.
.
2. Bukan tentang siapa yang menunggumu di puncak
Dalam melakukan pendakian gunung, hal yang terpenting adalah bukan siapa yang menunggumu di puncak tetapi siapa yang mau menemanimu menuju puncak, membantumu disaat jatuh dan tidak ada orang yang bersamamu. Jadi yang perlu kita ingat adalah bukan sejauh mana puncak yang kamu daki, tetapi sejauh mana kita berjuang bersama menuju puncak yang akan dicapai bersama.
.
3. Bukan tentang seberapa banyak gunung yang didaki
Mendaki gunung memang hal yang menyenangkan, namun perlakuan kita terhadap alam mencerminkan perlakuan kita terhadap diri sendiri dan orang lain, seperti tidak merokok saat melakukan pendakian karena dapat menyebabkan kebakaran hutan. Jadi, hal yang perlu diingat adalah bukan seberapa banyak gunung yang didaki tetapi seberapa banyak alam yang dijaga dengan baik.
.
4. Gunung mengajari tentang mengalahkan rasa takut 
Ketika melakukan pendakian gunung tidak ada namanya senioritas tetapi tentang bagaimana kita saling menghargai satu sama lain selama pendakian berlangsung. Ketika kita bersama melakukan pendakian gunung, rasa takut yang kamu miliki akan mulai luntur karena kita berangkat bersama-sama dan saling menjaga akan membuat kita merasa aman selama melakukan pendakian.
.
5. Cintailah alam ini dan kembali pulang dengan selamat
Jadilah pecinta alam sejati yang tidak hanya sebagai penikmat keindahannya apalagi berlomba-lomba menuju puncak tanpa memperhatikan keselamatan pribadi. Hal yang perlu kita ingat yaitu bukan sejauh dan setinggi mana kita melangkah menuju puncak, tetapi tujuan awal kita sebagai seorang pendaki untuk bisa kembali pulang dengan selamat.
.
Semoga bermanfaat ^^

Comments