Meru Betiri Service Camp XIX

Meru Betiri Service Camp XIX


Pada tanggal 16-20 Maret 2018 telah diadakan kegiatan Meru Betiri Service Camp (MBSC) yang diikuti oleh du perwakilan dari GENCORPS yaitu Mitha Gen 9 dan Mei Gen 10. Acara berlansung selama lima hari di Taman Nasional Merubetiri, Jember.
Meru Betiri Service Camp (MBSC) adalah salah satu bentuk pendidikan kader konservasi dalam memasyarakatkan kesadaran akan pentingnya nilai konservasi sumber daya alam di masyarakat.  Kegiatan MBSC XIX ini juga merupakan juga merupakan salah satu program kerja dari Wadah Informasi Pecinta Alam se-eks Keresidenan Besuki (WIPAD).

 Dalam kegiatan ini peserta diberikan diberikan edukasi dan pelatihan sebagai dasar untuk menjadi Kader Konservasi yang nantinya sangat diharapkan perannya di masyarakat dan lingkungan untuk menjaga,melindungi dan melestarikannya. MBSC XIX diikuti oleh 102 peserta yang berasal dari berbagai Mahasiswa Pecinta Alam di Universitas yang ada di Jawa dan luar Jawa dan Siswa Pecinta Alam tingkat Sekolah dan Komunitas Pecinta Alam.
Materi-materi yang diberikan selama kegiatan ini tidak hanya seputar alam dan lingkungan, peserta juga diberi materi tentang advokasi lingkungan dan jurnalistik lingkungan yang bertujuan agar peserta nantinya bisa memfasilitasi permasalahan yang akan dihadapi. Selain materi eddukasi peseta juga diberikan kegiatan lapangan yang bertujuan memperluas pemahaman dari materi edukasi yang diberikan.

Kegiatan ini merupakan pengalan dan hal yang baru bagi Mei Gen 10 karena bisa mengenal lebh banyak tentang alam, membuka banyak pemikiran-pemikian baru untuk kegiatan kedepannya,menciptakan ide-ide baru untuk kegiatan GenCorps selanjutnya. Melalui kegiatan ini mei juga menyampaikan pesan dan harapannya untuk GenCorps

"Harapannya kedepan anggota GenCorps bisa lebih aktif dalam kegiatan konservasi alam dan ekowisata, karena dalam kegiatan tersebut khususnya ekowisata dapat memberikan kita data terkait keadaan masyarakat sekitar, khususnya keadaan kesehatan, dan bisa menemukan cara-cara untuk mengatasinya. Juga diharapkan anggota GenCorps lebih membuka diri kepada organisasi-organisasi lain dan melakukan kegiatan bersama.
pesannya untuk seluruh anggota GenCorps jangan terlalu disibukkan dengan masalah internal, khususnya individu, karena itu membatasi kita untuk berkembang. Sekarang lihat keluar dan sadari bahwa bahwa diluar sana pemikiran-pemikiran mereka sudah lebih kritis dan memiliki banyak ide-ide yang mampu terealisasikan" ujar Mei.

Untuk deskripsi lebih rinci seputar kegiatan Meru Betiri Service Camp XIX  bisa mengnjungi link dibawah:
 http://meiword99.blogspot.co.id/2018/03/langkahku-di-bandealit.html

Comments