Seberapa Penting kah Serat bagi Tubuh?

Seberapa Penting kah Serat bagi Tubuh?



Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi proses pencernaan dan kesehatan tubuh kita. Serat memiliki kemampuan untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, untuk kemudian diikat dan dicerna secara sempurna.
.
Serat sendiri memiliki banyak sekali fungsi. Fungsi-fungsi dari serat ini sangatlah penting bagi tubuh, terutama untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolestrol, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi manfaat serta fungsi dari serat yang ada di dalam tubuh kita.
.
Para ahli gizi menyarankan agar tubuh kita mendapatkan asupan serat yang cukup yaitu sebanyak 25 – 35 gr serat dalam satu harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh kita akan serat, maka proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh kita pun akan menjadi lebih baik dan tidak terhambat.
.
Lalu, Apa akibat yang terjadi ketika tubuh kekurangan serat?
.
Ketika asupan serat yang masuk ke dalam tubuh anda tidak cukup, pastilah tubuh akan merespon melalui fungsi-fungsi organ yang menjadi tidak optimal. Berikut ini adalah gejala-gejala dan penyakti yang kemungkinan timbul apabila anda kekurangan asupan serat dalam satu hari :
.
Sembelit
Sembelit merupakan suatu kondisi dimana anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan buang air besar. Sembelit akan mengakibatkan rasa tidak nyaman di bagian lambung dan perut anda, seolah perut anda terasa penuh. Biasanya, selain terjadi karena kurangnya serat, sembelit juga dapat terjadi karena :
Sering menahan buang air besar, makan terlalu cepat, gangguan pada organ pencernaan, seperti lambung, ginjal, usus dan hati
.
Untuk mencegah terjadinya sembelit, maka sudah pasti anda wajib menerapkan pola hidup sehat, terutama dengan mengkonsumsi bahan makanan yang berserat tinggi, antara lain :
Biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, rajin minum air putih, dan olahraga secara teratur

Comments