Pendakian Gunung Arjuna

Pendakian Gunung Arjuna



Gunung Arjuna merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur, terletak di perbatasan  Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Gunung Arjuna menjadi salah satu tujuan pendakian seperti yang baru-baru ini dilakukan beberapa mahasiswa Fakultas Keperawatan Unair yang tergabung dalam ormawa Green Nursing Corps (GENCorps).

Pada tanggal 2-4 Februari 2018 telah diadakan pendakian Gunung Arjuna yang diikuti oleh beberapa anggota Gen aktif, antara lain Ferly,Teguh,Adhe,Fachri,Lusi,Heny, dan Sisi dari Gen 8, Mutiara dari Gen 9, Dari Gen Senior yakni Hakim dari Gen 4, Dan Pram dari Gen 7. Tentunya diperlukan persiapan yang matang sebelum melakukan pendakian, Persiapan terpenting yang mereka lakukan yaitu latihan fisik dan mempersiapkan alat dan logistik yang cukup karena waktu pendakian yang lumayan lama.

Perjalanan dimulai pukul 17.00 dan tiba di lokasi pukul 21.00. mereka menyempatkan waktu untuk sholat dan istirahat sejenak sambil menunggu hujan sedikit reda. Selain persiapan, Track yang  dilalui juga tidaklah mudah. Sesampai di pos awal mereka memutuskan untuk beristirahat sebelum mendaki. Jarak antara pos 1-2 pun cukup jauh, sehingga membutuhkan waktu 2,5 jam. Cuaca yang dingin dan hujan yang turun selama perjalanan membuat waktu pendakian sediit lambat, Tapi mereka tetap bersemangat melanjutkan pendakian dengan lebih waspada dan berhati-hati karena kondisi jalan yang licin. Latihan fisik yang intensif benar-benar diperlukan sebelum mendaki Gunung Arjuna dikarenakan jalurnya yang panjang dan cukup melelahkan, belum lagi cuaca hujan dan udara dingin yang membuat fisik semakin melemah.

Tapi meskipun begitu mereka tetap semangat mendaki walau pada akhirnya tidak bisa sampai ke puncak karena kendala izin dari penjaga Gunung Arjuna dan cuaca di puncak yang tidak memungkinkan untuk dikunjungi karena badai. Mereka sudah cukup senang dan puas
"Walau kemarin nggak sampe puncak tapi cukup puas sih, Bisa tau bedanya pendakian di Penanggungan sama Arjuno, dan bisa jadi motivasi latfis lagi kalo mau Arjuno. Ada pepatah.. Puncak hanyalah bonus, Yang terpenting adalah keselamatan selama pendakian" ucap Mutiara

Kegiatan pendakian ini diadakan dengan tujuan sekedar untuk bersenang-senang dan menyalurkan hobi, Karena banyak anggota GENCorps yang hobi mendaki dan untuk mengisi waktu luang di sisa-sisa liburan.

Comments