Pelayanan Medis Masyarakat Peduli Pondok Pesantren Jawa Timur ke-35

Pelayanan Medis Masyarakat Peduli Pondok Pesantren Jawa Timur ke-35



Sabtu, 24 Februari 2018 telah diadakan kegiatan Bakti Sosial oleh Djarum Foundation. Kegiatan ini juga diikuti oleh anggota GENCorps yaitu Lilik Gen 8, Nilam Gen 9, Citra dan Ely Gen 10 yang berangkat pukul 17.00 pada hari 23 Februari 2018 dan bermalam di Hotel New Ramayana. pukul 07.00 check out dari hotel menuju ke Pondok Pesantren. Kegiatan Baksos diadakan di Pondok Pesantren Al-Mansyuriah Sekaranom, Desa Bulungan Timur Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan, Madura. Kegiatan dimulai pukul 09.00-12.00, adapun bentuk kegiatan nya meliputi Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis. 

Acara berjalan lancar. mula-mula warga diminta untuk mengantri sambil membawa kartu antrean dan menunggu giliran untuk dipanggil, setalah tiba gilirannya warga di arahkan ke bagian Perawat untuk di tensi,  kemudian diarahkan lagi ke bagian Dokter untuk berkonsultasi seputar keluhan yang diderita, dan yang terakhir warga akan diberikan obat secara gratis sesuai petunjuk Dokter. Selain itu juga ada Dokter Gigi yang khusus menangani keluhan yang berhubungan dengan gigi. Persiapan yang dilakukan salah satunya adalah mendata obat apa saja yang dibutuhkan  dan menyiapkan obat apa saja yang akan dibawa. Ada banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya dari Djarum Foundation, tujuh Perawat dari Unair, AAL (Akademi Angkatan Laut) bagian medis, satu Dokter dari Universitas Hang Tuah, satu Mahasiswa dan dua Mahasiswi Fakultas  Kedokteran Universitas Hang Tuah, tiga Dokter, Dokter Gigi, Kepala Yayasan YBSI (Yayasan Bangkit Sehat Indonesia), Kepala Yayasan Pondok Pesantren, Warga sekitar, dan Santri dari Pondok Pesantren.

Tujuan dari diadakan nya kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan status kesehatan di daerah yang status kesehatannya masih tergolong rendah dikarenakan juga Pondok Pesantren yang lokasi nya sedikit terpencil sehingga fasilitas kesehatan  agak sulit dijangkau. untuk sampai di lokasi pun harus melewati pepohonan besar dan banyak sawah, karena lokasi Pondok Pesantren yang terletak seperti di dataran tinggi.
Kegiatan ini sangat berguna karena lewat kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan solidaritas, menumbuhkan rasa simpati untuk membantu sesama dan juga sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial untuk bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat khususnya di lingkungan pondok pesantren.
"Yang pasti aku seneng bisa berkontribusi lagi di Baksos bersama YBSI di Pamekasan ini, seneng banget bisa membantu sesama, nambah pengalaman, nambah pengetahuan dan nambah relasi" Ucap Lilik.
Lewat kegiatan Bakti Sosial ini juga Mahasiswa bisa belajar mengimplementasikan apa yang didapatkan selama kuliah dengan berhubungan langsung dengan masyarakat. Citra, yang merupakan anggota baru GENCorps juga berbagi cerita tentang pengalaman pertamanya berpartisipasi di kegiatan kali ini dan mengajak anggota lainnya untuk juga ikut berpartisipasi di kegiatan selanjutnya
"Seru banget lah, menambah pengetahuan kayak belajar komunikasi sama masyarakat secara langsung contohnya.  kan ini pertama kalinya aku ikut partisipasi, agak grogi sih tapi ternyata enggak juga kok. aku malah bercanda sama Pak Aal nya, jadi agak tenanglah komunikasi sama warga, walaupun kadang aku nggak tau arti bahasanya. hehe. buat teman-teman yang lain ayo ikutan aja kalo ada kegiatan semacam ini. nambah pengalaman dan pengetahuan juga loh , sekalian liburan, hehe"
Selain Bakti Sosial mereka juga mengunjungi beberapa tempat-tempat menarik seperti wisata kuliner di kawasan Sae Salera dan wisata malam Api yang Tak Kunjung Padam.

Comments