Mengapa Harus Diet Tinggi Serat?

Diet Tinggi Serat, Jawaban Terbaik Buat Kamu yang Mau Nurunin Berat Badan


Diet serat adalah salah satu diet yang dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cepat.
.
Mekanisme diet serat ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan diselingi dengan minum air putih yang cukup karena pada dasarnya, serat membantu mengurangi berat badan dengan cara membuat kita merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori.
.
Serat merangsang reseptor yang memberi tahu otak bahwa sudah waktunya berhenti makan. Dalam hal ini serat tidak bekerja sendirian, serat butuh asupan air yang cukup supaya bisa bergerak melalui sistem pencernaan.
.
Selain itu, mengonsumsi air juga membantu melawan rasa lapar.
Hal yang perlu diingat, jika Anda berencana untuk melakukan diet tinggi serat, lakukan secara bertahap. Hal ini dimaksudkan agar tubuh mampu menyesuaikan diri. Perut terasa kurang nyaman, kram, bahkan diare bisa menjadi efek samping jika Anda melakukan diet ini secara berlebih.
.
Studi dari American Heart Association menunjukan bahwa orang-orang yang memperbanyak porsi makanan berserat tanpa mengurangi porsi makanan lainnya, kehilangan berat badannya sebanyak orang yang diet rendah lemak. Dari studi tersebut dapat disimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki bobot tubuh yang lebih sehat.
.
Selain terbukti menurunkan berat badan, ada beberapa keuntungan lain dari diet tinggi serat, di antaranya:
1. Membantu menjaga kesehatan usus.
2. Menurunkan kadar kolesterol.
3. Mengendalikan kadar gula dalam darah.
.
.
.
Selamat mencoba!!!

Comments