SEMPU CAMP KITA

"PULAU SEMPU TEMPAT CAMP KITA"

Tanggal 11-13 April 2014, taraaat... itulah waktu yang ditunggu-tunggu buat kita goes to sempuuu J kita mulai perjalanan dengan berangkat dari st.Gubeng tgl 11 April pukul 04.00 pagi. Wiiih masih dingin, pagi2, udah siap berangkat ke sempu.  Sempuuuu Iam comiiiiiiing J udah excited banget. Karena emang tahun kemaren gak kesana, jadi ini adalah pengalaman pertama bagi gen 5 serta gen 6 juga. Juk ijak ijuk ijak ijuuuuuk kereta beraaaaangkaat ...  akhirnya setelah 3 jam perjalanan, kira2 jam 08.00 kita sampai di st.kota baru malang. Selanjutnya dilanjutkan  dengan  by leeeen J kita pake 3 angkot karena emang rombongan kita  32 orang.  Ditengah perjalanan,  seperti tradisi tahun2 kemarin kita turun dan berhenti di warung sederhana untuk makan  yaaa emang agak ribet apalagi warungnya itu gak punya piring sama gelas sebanyak anggota kita,. Tapi dengan itu semua loyalitas dan keakraban yang muncul.
Awalnya semuanya bergembira saat naik len tapi ada diantara kita yang merasa mual, mungkin karena perjalanan dari St. Kota baru ke sendang biru luaamaaa kali yaa... hampir 3 jam lebih kita berada di dalem bemo -__- ditambah lagi dengan jalanan yang naik turun dan berbelok-belok. Tetapi pada saat mau nyampai ke sendang birunya waww pemandangannya bagus banget.. pukul  11.00 kurang lebih kita sudah sampai di sendang biru di Sendang Biru kita melakukan berbagai aktivitas yakni bersih diri dan untuk sholat tidak lupa pula kita meminjam sepatu track untuk melewati hutan pulau sempu dan memakai sunblock terlebih dahulu hehe..
Setelah semua siap kita  dibagi menjadi 3 kelompok untuk melewati hutan sempu. Sebelum berangkat kita berdoa bersama terlebih dahulu setalah semua siap kita menyebrang laut dengan menggunakan perahu. Setelah sampai di hutan sempu mulai dari kelompok pertama memasuki hutan disusul kelompok 2 dan terakhir kelompok 3. Perjalanan yang sangat panjang sekali yang kami semua rasakan track yang tidak karuan dan jalanan yang penuh dengan lumpur, tapi itu semua kita jalani karena kami sudah tidak sabar ingin melihat keindahan pantai sempu yang begitu mempesona. Separuh perjalan kami lewati kita semua sudah sangat kelelahan belum lagi membawa beban yang kita bawa, tas begitu berat yang isinya adalah barang-barang kelompok yang gunanya untuk memenuhi kebutuhan kita saat berada disana. Perjalanan melewati hutan sempu kita tempuh selam kurang lebih 3-4 jam dan setalah kita bisa lihat pantai huuu rasanya pengen sekali cepat-cepat berenang tapi tunggu dulu sebelumnya kita harus mendirikan tenda dan beres-beres barang terlebih dahulu. Untuk sie konsumsi ditahan dulu ya main airnya hehe mereka semua mempersiapkan makanan untuk kita makan malam. Untuk pukul 16.00-17.00 WIB adalah acara bebas kita semua boleh main air, bersih diri tidur ataupun membantu sie konsumsi menyiapkan makanan untuk kita semua.
Menu makanan malam hari itu adalah nasi, mie instan dan kering tempe, kami semua makan dengan lahap dan beramai-ramai. Setelah makan selesai sie acara sudah menyiapkan acara untuk kita yaitu permainan truth or dare huh.. deg-degan ini siap yang dapet giliran awalnya sih kita semua memakai botol untuk permainan ini tapi lama-kelamaan kita harus dan wajib perorang untuk mendapat kesempatan hehe. Tidak hanya pertanyaan-pertanyaan pribadi ataupun personal yang dilontarkan tetapi masalah yang sedang dialami diorganisasi dan juga banyak sekali pertanyaan tentang kegencorp.an dilontarkan oleh ketua umum gencorps. Setelah semuanya selesai kita semua beristirahat karena memang hari ini kita melakukan banyak aktivitas yang sangat melelahkan. Tidak banyak anak-anak yang tidur didalam tenda karena memang didalam tenda udaranya sangat panas sekali jadi kebanyakan anak-anak tidur diluar dengan beratapkan bintang.

Selamat pagiiii
Hari kedua disempu nih, waw ini adalah hari inti dimana kita semua gen 6 akan menerima materi yakni fotografi dan water reschue wawww semangat untuk hari ini. Seperti biasanya aktifitas kita dimulai dari makan pagi dan bersih diri, udara yang sangat dingin pun membuat kita mudah lapar saat disana dan bisa dibilang sie konsumsi sangat kuwalahan menghadapi perut anak-anak wkwk. Menu sarapan pagi saat itu adalah pecel sangat cocok sekali untuk dimakan diwaktu pagi hari. Setalah dipikir-pikir kawasan pantai sempu ini semakin bertambah ramai sekali tidak seperti tempat perkemahan lagi bisa dibilang ini adalah perkampungan yang pindah rameee banget. Setelah semua selesai makan kita dari gen 6 mendapatkan materi yang pertama yaitu fotografi dari kak Irul materinya sangat berguna bagi kita ya disamping kita semua narsis-narsis.
Setelah itu di lanjut dengan materi water rescue oleh mas Hakim. Materi ini sangat penting untuk pertolongan di dalam air. Ada  4 teknik masuk ke air dalam memberikan pertolongan diantaranya meloncat dengan kaki dahulu (stride jump), lari kemudian masuk air (run and plunge dive), terjun dekat jangkauan jauh (long, shallow dive) dan cara mendekati korban (approach stroking). Selain itu juga diajarkan ternik membawa korban kecelakaan di air diantaranya dengan melakukan renang upaya pertolongan dengan baik, memegang lengan dari depan, memegang lengan dari belakang dan memegang lengan korban dengan dua orang penolong. Tidak lupa juga kita mempraktikan pertolongan kecelakaan dengan system Resusitasi Jantung dan Paru (CPR), langkah yang dilakukan yaitu dengan memeriksa apakah korban pingsan atau tidak, membuka aliran udara, memberikan 4 kali pernapasan secara cepat, memeriksa deyut nadi, mencari bagian tengah tulang dada dan tempatkan kedua tangan di atas dada dan terakhir berikan penekanan pada dada dan berikan pernapasan buatan.
Setelah materi selesai dilanjut dengan acara bersih diri. Malam terakhir pun tiba. Acara malam terakhir yaitu tukar kado dilanjut dengan pemberian nominasi oleh gen 5 dan gen 6. Dengan kondisi yang rame seperti pasar malam kita pun menikmati malam terakhir dengan hati yang senang dengan canda gurau bersama.

Selamat pagi, Semangat pagi.
Hari ini hari ke3 waktunya kita bersiap-siap untuk mengemasi semua barang-barang dan peralatan lainnya hingga sampah pun harus kita bawa sehingga tidak ada 1 barang pun yang kita tinggal disana.  Karena hari ini saatnya kita pulang. Waktu pun begitu cepat berlalu, tidak terasa ternyata kita sudah 3hari berada di Pulau Sempu ini. Sebelum pulang tak lupa kita makan-makan bersama lalu foto bersama. Selama perjalanan pulang kita pun terlebih dahulu menjelajahi hutan yang begitu panjang dengan medan yang becek kita pun berjalan dengan penuh perjuangan, tapi itu semua tidak membuat kita menyerah. Seruu..banget.. haha..Setelah sampai di pinggir pantai kita naik perahu..Yah setelah nyampe di Pantai Sendang Biru. Kita pun langsung menyerbu penjual es degan.. Lalu perjalanan di lanjut dengan naik len (bemo) yang begitu amazing dengan kecepatan yang begitu menegangkan. Walaupun kita hampir ketinggalan kereta karena len yang molor datangnya, tapi alkhamdulillah keretanya datang terlambat jadi kita masih selamat. Rombongan pulang naik kereta tanpa tempat duduk jadi kita duduknya banyak yang berpisah tapi mengasyikkan dan seru. Sesampai di st.Gubeng kita pun berkumpul dulu lalu meneriakkan GENCORP “FIGHT” adat yang selalu dilakukan setelah selesai kegiatan. Waktu 3 hari yang kita habiskan d Pulau Sempu memberikan kita banyak pengalaman dan pembelajaran yang tidak terlupakan. Semoga dari kegiatan ini kita dapat mengambil hikmahnya.