GELAR BHAKTI GREEN NURSING CORPS 2012

Foto Bareng Panitia with YBSI

Gelar Bhakti GEN Corps (GBGC) adalah bakti sosial tahunan Gencorps yang merupakan salah satu program kerja dari divisi kaderisasi. Gelar Bhakti Gencorps kali ini dilaksanakan pada tanggal 13-14 Oktober 2012 dengan sasaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan lansia. Acara yang berlokasi di RW.14, Sidoyoso II Kecamatan Simokerto ini mengusung tema tentang pentingnya PHBS atau pola hidup bersih dan sehat, dimana masyarakatnya diajarkan untuk melakukan pola hidup yang tidak hanya bersih saja, tetapi juga sehat.

Pada hari pertama....
Acara dimulai dengan pembukaan Gelar Bhakti oleh Ketua Panitia GBGC 2012, yaitu Christ Wibowo Dwi Andrianto pada pukul 09.00 WIB. Pembukaan ini dihadiri oleh Pembina Gencorps, Bapak Kusananto S. Kep, M.Kes serta Ketua RW. 14 Sidoyoso II, Bapak Suroso. Acara berlanjut dengan pemberian materi Gosok gigi dan Cuci Tangan serta simulasinya kepada adek-adek PAUD yang berjumlah 60 anak. Materi ini disampaikan oleh Asri Mas’ulah S.Kep.Ns yang juga merupakan anggota Gencorps. Semangat anak-anak PAUD dapat dilihat saat pemateri memberikan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan dimana mereka berlomba-lomba untuk menjawab. Setelah itu, masing-masing anak diberi sikat gigi dan pasta gigi gratis yang nantinya akan digunakan dalam mengaplikasikan materi yang telah diberikan. Anak-anak yang kebanyakan masih berusia di bawah 5 tahun ini dibagi dalam beberapa kelompok untuk secara bergantian mempraktekkan cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang baik dan benar. Acara ini selesai pada pukul 11.30 WIB yang langsung dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi gratis dimana GenCorps bekerja sama dengan Dokter Muda dari Universitas Hang Tuah, Surabaya. Satu-persatu gigi anak PAUD diperiksa, tak jarang mereka menangis karena takut. Acara pada hari pertama ini selesai pada pukul 14.30 WIB.

Pada hari Kedua....
Gelar Bhakti dimulai pada pukul 06.00 WIB dengan acara senam sehat bersama. Antusiasme warga sangat tinggi terlihat dengan banyaknya warga yang datang untuk mengikuti senam sehat bersama yang bertempat di depan balai RW Sidoyoso II. Musik pembuka senam mulai berdentang menandakan dimulainya senam sehat yang dipimpin oleh Susi Prayogi. Tidak hanya ibu-ibu dan bapak-bapak saja yang datang mengikuti senam ini, tetapi juga beberapa lansia. Senam Sehat bersama ini berakhir pada pukul 07.00 WIB.
Senam Pagi
Setelah senam sehat bersama, acara dilanjutkan dengan pengobatan murah yang bekerja sama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesia (YBSI). Sasaran utama dari pengobatan murah ini adalah para lansia. Warga membayar Rp. 2000,00 untuk mendapatkan sebuah kupon yang nantinya akan digunakan dalam pengobatan murah. Setelah itu, satu persatu warga dipanggil untuk masuk ke dalam balai yang di dalamnya terdapat empat pos pemeriksaan. Yang pertama adalah pos pemeriksaan tanda-tanda vital, Pos Dokter, Pos Gula Darah Acak (GDA) dan yang terakhir adalah pos obat. Di masing-masing pos, anggota gencorps bertugas untuk melakukan pemeriksaan sehingga mereka dapat belajar langsung serta mempraktekkan ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah untuk masyarakat. Sekitar 200 orang lebih mengikuti pengobatan murah ini dan mereka rela antri lama hanya untuk menunggu giliran dipanggil. Acara ini berakhir pada pukul 12.00 WIB
Acara selanjutnya sekaligus acara terakhir yaitu penutupan Gelar Bhakti Gencorps. Christ Wibowo D.A, selaku ketua kegiatan didampingi oleh Bapak Suroso menutup bakti sosial ini dengan memotong tumpeng disaksikan oleh anggota Gencorps dan beberapa warga Rw. 14 Sidoyoso II. Acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari Gencorps dan ramah tamah sampai pukul 13.00 WIB. Bakti sosial ini mendapat respon yang baik oleh masyarakat Sidoyoso II dan harapannya kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini tetapi juga dapat berlanjut. “Kami mengucapkan terima kasih kepadaGenCorps, acara ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga acara ini tidak hanya berhenti sampai disini dan bisa berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya.” Ujar Bapak Suroso diakhir acara.