Wold Environment Day


GenCorps???? Fight....

Sabtu, 16 Juni 2012 merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh kepanitiaan Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga setelah sekian lama penantian untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 juni lalu. Tapi semua berjalan dengan lancar. Perayaan Hari Lingkungan Hidup ini dirayakan dengan mengadakan acara seminar yang bertajuk WED (World Environmment Day) yang mengundang seluruh aktifis lingkungan yang tergabung dalam organisasi fakultas mereka masing-masing se-Universitas Airlangga.
Hartono(kiri) dan Nikein(kanan) sebagai MC WED 2012
Acara WED ini mengundang Pemateri dari tim takakura Dukuh Setro yang  berhasil meraih gelar juara Green and Clean Dinas Pertamanan Kota Surabaya 2011. Tentu bukan prestasi yang main-main bukan? Suatu tindakan yang perlu diacungi jempol kepada pak Didik selaku kader Dukuh Setro RT III karena telah berhasil menggerakkan warga untuk partisipasi dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup. Di samping itu pula peran ketua RT dan kesadaran warga sendiri sangatlah membantu.

Dalam seminar ini pemateri memberikan materi yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan hidup, antara lain dengan upaya Takakura dan pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi suatu kerajinan tanggan yang bernilai ekonomis tinggi. Sangat asyik bukan? Takakura ialah tempat pendaurulangan sampah organik warga untuk dijadikan pupuk kompos yang baik untuk pertanian dan tentunya berdaya jual tinggi. Selain itu pula peserta seminar pun diajari untuk pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi.

Game creativitas peserta WED 2012

Dengan adanya seminar ini, kamipun dapat mengetahui bagaimana pentingnya menjaga lingkungan kita dan mengelolanya agar dapat bertahan di tengah-tengah problematika masalah moderenisasi yang sering mengakibatkan kerusakan lingkungan dan upaya menumbuhkan kesadaran masing-masing individu untuk lebih peduli lingkungan. [Nk]