Land Rescue Management ,,,

"Land Rascue Management in BASARNAS"
"Land Rescue Management" merupakan acara kedua dari serangkaian acara bertemakan  “Nurses Care For Human and Environment” yang diselenggarakan oleh Green Nursing Corps (GenCorps) Fakultas Keperawatan UNAIR. Acara ini berlangsung selama dua hari. Untuk hari pertama yaitu seminar, dilaksanakan tanggal "8 Oktober 2011" kemarin. Seminar ini dilaksanakan di aula Student Center lantai 3 kampus C UNAIR.
Acara yang disponsori oleh Bank Indonesia dan Pocari Sweat ini dimulai dari pukul 08.30 dan berakhir pada pukul 16.30. Seminar tentang Land Rescue Management ini diikuti oleh 42 peserta, yang berasal dari berbagai fakultas dan universitas. Antusiasme  peserta dalam menyampaikan  pendapat dan melontarkan pertanyaan begitu baik. Keaktifan peserta dilihat dari, ketika panitia membuka sesi tanya jawab banyak peserta yang mengangkat tangan dan melontarkan pertanyaan – pertanyaan yang berbobot.
Land Rescue  Management ini merupakan acara kolaborasi antara BASARNAS, Ambulance 118 dan GenCorps. Acara ini adalah sebuah acara yang mengemas tentang penyelamatan darat yang bisa dilakukan oleh penduduk apabila terjadi bencana. Pada seminar ini pembicara yang dihadirkan adalah pembicara yang benar – benar handal dibidangnya.
Rangkaian selanjutnya dari acara ini adalah Workshop, yang dilaksanakan Minggu 9 Oktober 2011. Workshop ini dilaksanakan di Kantor 3 BASARNAS Juanda, acara ini dimulai dengan keberangkatan dari Fakultas Keperawatan pada pukul 07.45 WIB.
Workshop ini merupakan aplikasi dari seminar yang dilaksanakan pada hari pertama. Tim BASARNAS telah menyeting tempat sedemikian rupa sehingga simulasi seperti keadaan yang benar – benar terjadi. Simulasi ini dilaksanakan dengan setting “sebuah gedung bertingkat  yang dimana daerah sekitar gedung itu  mengalami gempa bumi, secara otomatis listrik padam. Dari padamnya listrik ini mengakibatkan terjadinya kebakaran.” Peserta dihadapkan oleh sesuatu yang benar – benar terdesak dan mereka harus mampu menyelamatkan dirinya sendiri.  
Workshop dan seminar ini merupakan suatu kesatuan, sehingga apabila peserta mampu memahami dan mencerna apa yang di sampaikan pada saat seminar, maka pada saat workshop mereka akan benar – benar memahami dan tahu apa yang harus dilakukan. Dalam simulasi ini diharapkan peserta bisa melakukan Land Rescue Management dengan setting yang telah di siapkan.
cara yang dimulai pada pukul 08.00 ini berakhir pada pukul 16.30 WIB. Dengan harapan pada saat terjadi suatu bencana minimal peserta mampu mengaplikasikan apa yang telah didapat dalam seminar dan workshop yang diselenggarakan oleh Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. GEN CORPS.............. FIGHT!!!!!!!!!!!!!!!!!!